Rabu, 20 November 2019

Khasiat Manfaat Daun Gaharu Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Kegunaaan daun gaharu mungkin tetap asing di telinga kita. Padahal flora ini sudah lama di gunakan sebagai pengobatan tradisional sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Semacam salah satunya dikemukakan oleh Ibnu Sina yang adalah salah satu tokoh kedokteran modern muslim, yang mana ia menyatakan di dalam suatu  bukunya 'Al-Qanun Fi Tib' bahwasannya tanaman obat herbal yang satu ini bisa mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit yang ada di dalam tubuh manusia. Bagi kamu yang ingin mengetahui apa kegunaaan daun gaharu selengkapnya, berarti kamu wajib menyimak ulasan pendek berikut ini.

Khasiat Manfaat Daun Gaharu Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Pohon gahuru mempunyai nama ilmiah Aquilaria Malaccencis adalah salah satu tipe pohon yang tak jarang di umpakan sebagai pohon cemara besar. Pohon yang satu ini tak sedikit sekali di temukan di beberapa negara Asia semacam Pilifina, Myanmar, Bangladesh, Bhutan, India, Singapura, Malysia, Thailand tergolong Indonesia (Terutama di kalimantan di sumatera).

Pada umumnya, pohon ini tumbuh besar sampai mencapai ketinggian lebih dari 15-30m dengan diameter 1,5-2m. Pohon ini mempunyai bunga berwarna putih dan daunnya mempunyai lebar 2-4 cm dan panjangnya 5-11 cm. Pohon dengan spesies  aquilaria ini pula sudah beradaptasi untuk tumbuh di beberapa habitat semacam halnya pada habitat berbatu, berpasir sampai berkapur. Tetapi pohon yang satu ini biasanya tumbuh subur di dekat lereng pegunungan dan bisa tumbuh di tanah dekat rawa, dengan suhu harian rata-rata mencapai 20-22 derajat celcius.

Kandungan dan kegunaaan daun gaharu untuk kesehatan dan pengobatan

Butuh untuk kamu ketahui, di daerah Tibet dan kawasan Asia Tenggara, daun gaharu tak jarang kali di jadikan praktek medis dengan cara tradisional. Metode tradisional tersebut tak jarang kali di softwarekan dalam bentuk teh. Bahkan di beberapa negara di Asia Tenggara, daun gaharu mempunyai sejarah lumayan panjang. Bahkan, daun teh gaharu ini sudah di gunakan selagi 100 tahun di kawasan Asia tenggara oleh para praktisi kesehatan tradisional, di samping pemakaiannya oleh para spiritualis dalam kegiatan ibadah. Adapun dalam masyarakat, kegunaaan teh daun gaharu ini tak jarang di gunakan untuk mengobati lambung, ginjal, dan beberapa persoalan pernapasan. Dosis medis yang di rekomendasikan perhari maksimal adalam 3 gram.

Share: 

0 komentar:

Posting Komentar